Assalamu 'alaikum wr. wb.|Selamat Datang di Situs Resmi/Website PA. Kandangan|Media Informasi & Transparansi Pengadilan Agama Kandangan |Sampaikan Saran dan Kritik ke email : pa.kandangan@gmail.com

KALENDER HIJRIAH

Sabtu
28
Safar
1439 H

PENDAPAT ANDA

STATISTIK

Jumlah Pengunjung :
295887
Pengunjung Hari Ini :
10
User Online :
1
Terakhir Update :
16-11-2017

APLIKASI ONLINE

ONLINE

  • Tim IT PA Kgn
 

Sistem Ekonomi Islam Sebagai Alternatif oleh Drs.H.ARPANI,SH.,MH.

P E N D A H U L U A N

A.      Latar Belakang.

              Pada tulisan ini penulis bermaksud mengambarkan secara garis besar tentang sistem ekonomi yang sedang berlaku dan berkembang dewasa ini, yang kami batasi pada sistem ekonomi kapitalis, sosialis / komunis secara singkat ringkas dan sangat terbatas, untuk selanjutnya penulis paparkan sistem Ekonomi Islam sebagai alternatif untuk menggantikan sistem kapitalis, sosialis/ Komunis yang telah nyata-nyata gagal dalam mensejahterakan umat terutama umat Islam.

Pengertian kata sistem menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah : “ perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas

Kata Ekonomi diambil dari bahasa Yunani yang maknanya adalah “mengatur urusan rumah tangga”. 1) Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa , Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Jakarta Balai Pustaka Edisi III Cet. 2 2002 hal 1076)“.       

Dalam garis besarnya ilmu Ekonomi dibagi atas tiga disiplin ilmu,   yaitu :

1.     Ilmu Ekonomi Umum yaitu  ilmu yang mempelajari upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka mencapai kemakmuran. Adapun yang dimaksud kemakmuran adalah kebutuhan manusia akan sandang, pangan, perumahan, kesehatan dan sebagainya.

2.   Ilmu Ekonomi Perusahaan yang merupakan bagian dari ilmu Ekonomi khusus mempelajari gejala-gejala dan kenyataan-kenyataan ekonomis didalam perusahaan, fokusnya dalam mempelajari tingkah laku manusia didalam melakukan kegiatan usaha atau perusahaan.

3.   Ilmu Ekonomi Pembangunan merupakan cabang ilmu Ekonomi yang khusus mempelajari masalah-masalah pembangunan ekonomi suatu negara, yang terdiri atas pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.

Yang dimaksud disini semata-mata adalah makna istilah untuk sebutan tertentu, yaitu kegiatan mengatur urusan harta kekayaan. Baik yang menyangkut kegiatan memperbanyak jumlah kekayaan serta menjaga pengadaannya, yang kemudian dibahas dalam ilmu ekonomi, maupun yang berhubungan dengan cara (mekanisme) pendistribusiannya, yang kemudian dibahas dalam sistem ekonomi. Untuk selengkapnya, silahkan download di bawah ini  : 

Total akses : 646