Assalamu 'alaikum wr. wb.|Selamat Datang di Situs Resmi/Website PA. Kandangan|Media Informasi & Transparansi Pengadilan Agama Kandangan |Sampaikan Saran dan Kritik ke email : pa.kandangan@gmail.com

KALENDER HIJRIAH

Sabtu
28
Safar
1439 H

PENDAPAT ANDA

STATISTIK

Jumlah Pengunjung :
295888
Pengunjung Hari Ini :
10
User Online :
2
Terakhir Update :
16-11-2017

APLIKASI ONLINE

ONLINE

  • Tim IT PA Kgn
 

mekanisme dan alur Pengaduan

untuk mendorong pelayanan prima pada masyarakat serta para pencari keadilan,  Pengaduan dan Keluhan dapat diajukan ke Pengadilan Agama Kandangan, dan menjadi kewajiban bagi Pengadilan Agama Kandangan dengan senang hati akan berupaya untuk menanggapi dan menindaklanjuti untuk di selesaikan.


Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Kandangan


A. Secara lisan

1. Melalui telepon (0517) 21114, yakni pada saat jam kerja Senin-Kamis mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WITA dan Jum'at 08.00 s/d 17.00 WITA. atau ke layanan 24 Jam Nomor Pengaduan 082153191925. 

2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Kandangan Jln Jend. Sudirman KM 02 No 35 Kandangan- Hulu Sungai Selatan, pada saat jam kerja sebagaimana diatas.

B. Secara tertulis

1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Kandangan, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui faxsimile, atau melalui pos ke alamat kantor.

2. Melalui e-mail : pa.kandangan@gmail.com atau website Pengadilan Agama Kandangan dengan klik tautan ini : www.pa-Kuningan.go.id

3. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.


Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Kandangan

1. Pengadilan Agama Kandangan akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.

2. Pengadilan Agama Kandangan akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.

3. Pengadilan Agama Kandangan akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.

4. Pengadilan Agama Kandangan hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.


Alur Penanganan Pengaduan

Gambar diatas merupakan Skema Alur Penanganan Pengaduan Masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 076/KMA/SK/VI/2009.

Berdasarkan SK KMA Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tersebut Pengadilan Tingkat Banding sebagai voorpost Mahkamah Agung RI diberi kewenangan menangani sendiri pengaduan masyarakat yang masuk, kecuali dalam beberapa hal Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dapat mengambil alih apabila :

  1. Telapor telah pindah tugas ke pengadilan lain yang berada di wilayah hukum di pengadilan tingkat banding yang lain
  2. Pengaduan bersifat pending atau menarik perhatian masyarakat
  3. Penanganan pengaduan yang dilaksanakan di pengadilan tingkat banding berlarut - larut

 

Pengadilan Tingkat Pertama diberikan kewenangan sebatas menerima pengaduan dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

Penanganan pengaduan saat ini mengakomodir pula hak-hak dari para pelapor seperti hak mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitas, mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun, mendapatkan informasi mengenai tahapan, penanganan pengaduan yang disampaikannya serta pelapor berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap sistem pengaduan masyarakat, Mahkamah Agung menerbitkan brosur tentang informasi layanan pengaduan masyarakat dan prosedur penyampaian laporan pengaduan yang disebarluaskan melalui Pengadilan Tingkat Pertama maupun Pengadilan Tingkat Banding.


Hak-hak pemohon informasi berdasarkan SK KMA No. 1-144/KMA/SK/I/2011:

Silahkan klik link di bawah ini :


 
SK KMA RI NO. 1 - 144/KMA/SK/I/2011 TENTANG PEDOMAN PELAYANAN INFORMASI DI PENGADILAN
- LAMPIRAN I
- LAMPIRAN II
- LAMPIRAN III
- LAMPIRAN IV
- LAMPIRAN V
- LAMPIRAN VI
- LAMPIRAN VII
- LAMPIRAN VIII
- LAMPIRAN IX
- LAMPIRAN X
- LAMPIRAN XI
- LAMPIRAN XII

 

Untuk mengakses informasi dan layanan pengaduan pada Mahkamah Agung silahkan klik http://www.mahkamahagung.go.id/di_web3/index.asp

 

Total akses : 792